Analisa Usaha Bebek Petelur Berjumlah 50 Ekor


Peternakan-Keluarga.com -- Anda ingin usaha ternak bebek petelur? yuk, cari tahu dulu bagaimana analisa usahanya pada artikel berikut ini.
Telur merupakan salah satu bahan pangan asal ternak yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi untuk mensuplai kebutuhan gizi masyarakat.

Selain karena faktor murah, kandungan protein didalamnya bersaing dengan protein yang bersumber dari daging. Telur bebek walaupun tidak sepopuler telur ayam ras namun masih memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai bisnis yang menjanjikan.

Beternak bebek petelur memiliki kelebihan dibandingkan dengan ayam ras petelur. bebek lebih memiliki daya tahan tubuh yang baik. Selain memiliki daya tahan tubuh yang baik, beternak bebek petelur dengan skala kecil tetap menguntungkan dibanding beternak ayam ras dengan skala kecil. Apabila Anda tertarik untuk beternak bebek petelur sebaiknya harus membuat perencanaan yang matang. Anda juga harus menganalisa apa saja yang harus dibutuhkan, berapa modalnya dan apa saja resikonya.

Jika anda tertarik, berikut analisa usaha ternak bebek petelur berdasarkan pengalaman pribadi kami :

Sebelum memulai kepada pembahasan analisa usaha, ada beberapa faktor penting dalam beternak bebek petelur, yaitu :

Kandang Bebek
Sebelum kita memulai beternak bebek petelur alangkah baiknya langkah awal untuk menentukan kandang bebek nya nannti akan seperti apa. Karena kandang bebek dan lokasi kandang merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan beternak bebek petelur.

Setiap peternak memiliki ciri khas atau caranya masing-masing dalam membuat kandang bebek, begitu pula kami dalam membuat kandang. Pada Peternakan kami, kami memiliki 2 kandang. Kandang ini berguna untuk disetiap fase. Kami membaginya kedalam 2 fase pemeliharaan., yaitu :

Fase Starter (Umur 1 hari - 7 hari)
Ketika bebek masih berumur 1 minggu, jangan langsung umbar bebek ke kandang yang beralaskan tanah. Karena hal ini dapat mempengaruhi kesehatan bebek.
Kami memulai nya dengan memasukan bebek kedalam kandang perawatan seperti ini :

Fase Grower & Layer( 1 Minggu - Bertelur)

Ketika bebek memasuki usia 1 minggu, silahkan anda pindahkan bebek ke kandang umbaran yang beralaskan tanah, ataupun bambu dan lain-lain.

Untuk menjaga kesehatan bebek dan kebersihan kandang bebek, kandang bebek jangan sampaik becek atau tergenang air. Biasanya yang menyebabkan kandang bebek becek adalah tempat minum bebek yang diletakan langsung ditanah.

Hal ini mengakibatkan lantai kandang menjadi tergenang air, karena bebek kalau minum suka berceran kemana-mana. Untuk solusi supaya kandang bebek tidak tergenang air. Kami membuat sebuah lubang kecil yang digunakan sebagai penyerapan air hujan yang ditutup dengan kawat dan waring. Kemudian meletakan air minum tepat diatasnya.

Ketika bebek minum, air yang berceceran akan langsung jatuh kebawah lubang penyerapan.

Seperti gambar berikut :


Pembelian Bebek:
Pada pembelian bebek petelur, Anda dapat memilih mau membeli DOD(Day Old Duck) atau bebek petelur sudah usia remaja. Pilihan tersebut tergantung kepada kondisi keuangan dan faktor kebiasaan bebek.

Ketika Anda memilih membeli DOD petelur, perhatikan bebek yang anda beli apakah bebek betina atau jantan, karena ada penjual DOD yang menawarkan harga relatif murah namun isinya jantan semua.
Biasanya DOD bebek petelur betina harga nya lebih mahal dari DOD bebek pedaging. Dan bagi anda yang ingin mengetahui apakah DOD bebek Anda betina atau jantan bisa dilihat di Cara Mudah Membedakan Jenis Kelamin Bebek.

Pakan
Pakan berguna untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh ternak bebek petelur dalam menghasilkan telur bebek yang berkualitas pula. Pemberian pakan pada ternak bebek dilakukan dalam 3 × sehari yakni pada pagi, siang, dan sore hari.

Pakan yang diberikan pada ternak bebek dapat berupa campuran bahan – bahan seperti dedak padi,brand pollard,jagung giling, bungkil kedelai, tepung daging dan tulang (MBM).

Biasanya dalam mencari bahan tepung daging dan tulang(MBM) relatif sulit, karena biasanya pemesanan dikirim dari luar jakarta dan ongkos kirimnya yang lumayan mahal. Kami mengganti tepung daging dan tulang(MBM) dengan konsentrat bebek petelur.

Obat dan Vitamin
1. Tetra Chlor
Merupakan anti biotic, vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai obat penyakit korisa (pilek, snot, muka bengkak), penyakit kolera (berak hijau) dan CRD (ngorok) pada bebek.

2. Trimezyn
Anti biotic, vitamin dan mineral yang berfungsi untuk mengobati korisa, kolera, CRD, pullorum dan mencret kuning pada bebek.

3. Poligrip
Vitamin ini merupakan pencegah kelumpuhan pada ayam dan juga bisa digunakan pada bebek dan unggas lainnya.

4. Vita Chicks
Vitamin anti biotic ini biasanya digunakan untuk ayam, akan tetapi vitamin ini dapat juga digunakan untuk bebek saat usia 1 minggu. mempunyai fungsi untuk mempercepat pertumbuhan bebek, mencegah kekurangan Vitamin pada bebek, dan mengatasi stress pada bebek.

5. Turbo
Vitamin ini mempunyai fungsi untuk mempercepat merangsang produksi telur pada bebek, mencegah kekurangan Vitamin pada bebek.


Setelah kita mengetahui 3 hal diatas, maka kita akan memulai untuk analisa usaha bebek petelur.

Modal Investasi
Keterangan
Jumlah
Harga Satuan
Total Harga
Pembuatan Kandang
1
1.000.000
1.000.000
Pembelian DOD Bebek petelur
50
10.000
500.000
Pembelian tempat minum ukuran kecil
4
10.000
40.000
Pembelian tempat pakan ukuran kecil
4
10.000
40.000
Total
1.580.000

Biaya Produksi
Biasanya bebek akan bertelur pada usia 5-6 bulan. Jika Anda membeli bebek petelur DOD. Dalam biaya produksi ini kita mengambil biaya produksi untuk 1 tahun.

Jadi pertanyaannya berapa banyak pakan yang dihabiskan bebek petelur dalam 1 tahun dengan jumlah 50 ekor ?

50 Ekor
1 Hari
7 Kg
50 Ekor
1 Minggu
49 Kg
50 Ekor
1 Bulan
196 Kg
50 Ekor
1 Tahun
2.352 Kg

Jadi dengan perhitungan sederhana total biaya pakan dalam tahun


Keterangan
Jumlah
(Kg)
Harga Satuan
Total Harga
Pakan
(kompsisi :
dedak halus
- polar gandum
- tepung ikan pk 52%
- tepung tulang
- bungkil kelapa
- tepung jagung
- bungkil kedelai

2.352
5.500
12.936.000
Vitamin & Obat-obatan

200.000
200.000
Total
13.136.000

Hasil Produksi

Umum nya tingkat produktiftas bebek bertelur 85%.
Jadi apabila kita memili 50 ekor bebek maka telur yang didapat dalam sehari adalah 40 butir telur.

Rumus :
Jumlah Bebek x 85% = Hasil Telur/Hari
Telur perhari x 30 Hari = Total Telur/Bulan
Masa produksi bebek ditahun awal = 4 bulan
Telur perbulan x masa produksi bebek tahun awal = Total Telur/Tahun Awal
Harga Telur Mentah = Rp 3.000
Harga Telur Asin   = Rp 5.000
Omset = Jumlah telur x harga

Waktu
Hasil Telur
Omset Telur Mentah
Omset Telur
Asin
Hari
40
120.000
200.000
Bulan
1.200
3.600.000
6.000.000
Tahun Awal
4.800
14.400.000
24.000.000

Pendapatan Bersih

Rumus :
Modal Investasi + Biaya Produksi = Pengeluaran
Rp 1.580.000 + Rp 13.136.000 = Rp 14.716.000

Pengeluaran - Omset = Profit
Rp 14.716.000 - 14.400.000 = Rp 316.000(Tahun Awal)

Kesimpulan

Bebek akan berproduksi telur sampai usia 2 tahun, setelah itu terserah Anda, apakah Anda akan afkirkan atau terus lanjutkan sampai usia nya habis.

Dalam waktu 1 tahun saja Anda sudah balik modal dan untung. Apakah Anda ingin menjual telur mentah atau menjual telur asin. kembali lagi ke pilihan anda

Semua penjelasan sudah kami jabarkan diatas.
Semoga tulisan ini bermanfaat.
Salam Sukses selalu, Para Peternak Rumahan.


Comments

You are welcome to share your ideas with us in coments !

Archive

Contact Form

Send